Sunday 23 April 2017

Racik PC Intel 3 Sampai 4 Juta


Halo semuanya!
hehe...

Pada kesempatan ini saya akan meracik PC dengan harga 3jutaan. Tentu sudah bisa gaming. Dan seperti judul diatas saya tidak menggunakan AMD seperti racikan saya sebelumnya melainkan Intel.
Seperti apa racikanya? Oke!

Let's Get Started!

1. Processor/Prosesor
Seperti yang sudah saya katakan tadi kali ini saya menggunakan procie Intel, yaitu Intel Pentium G4400 Skylake

Seperti di review saya sebelumnya, kalo yang belum lihat silahkan klik link ini Review G4400.
Disana saya menulis Dual Core dari procie ini nggak bisa diremehkan, karena performanya yang bagus dan serasa Quad Core. Selain itu harganya juga terjangkau, yang hanya Rp. 700.000-an.

2. Motherboard/MoBo
Untuk motherboard saya menggunakan chipset H110 dan pilihan saya jatuh pada Gigabyte H110M-WW. 
Dengan harga yang terjangkau dan kualitasnya yang bagus mobo ini cocok untuk Budget Build PC Gaming. Meskipun saya bukan "fanboy" tapi kalian pasti juga sudah tau kalo brand Gigabyte ini salah satu brand yang cukup melegenda.

Harga : Rp. 765.000

3. RAM/Memory
Kalian bisa pilih mau 4GB atau 8GB. Untuk 8GB lebih bagus tapi lebih mahal daripada 4GB. Kalian bisa pake dual channel supaya lebih kenceng. Tapi kalo kalian ada rencana upgrade kedepan pake yang single channel/jomblo/batangan.

Dalam racikan ini saya menggunakan:
OCPC Xtreme DDR4 2133MHz 4GB KIT (2x2GB)
Avexir DDR4 Core 1600Mhz 8GB KIT (2x4GB)
Untuk harganya saat ini harga RAM sedang naik jadi agak mahal:
OCPC : Rp. 360.000
Avexir : Rp. 815.000

Sejauh ini itu yang bisa saya dapat untuk RAM DDR4 tapi kalian juga bisa pake RAM DDR3 kesukaan kalian. Kalo menurut kalian Avexir kemahalan kalian juga bisa pake Geil Super Luce DDR4 2x4GB dengan harga 780ribuan. Sama seperti Avexir, RAM tersebut juga mempunyai LED dengan warna Merah/Biru/Putih. Jadi, dalam build kali ini kalian harus menyesuaikan warna yang sesuai dengan Cooler/Fan kalian.

4. Graphic Card/GPU/VGA Card
Kali ini saya menggunakan graphic card untuk menunjang performa G4400 terutama dalam gaming. Tapi kalo kalian tidak cukup budget kalian bisa skip yang satu ini dan menggunakan iGPU dari G4400 yaitu Intel HD Graphic 510 yang sudah saya cantumkan dalam review Intel G4400 kemarin. Jadi, yang belum ngecek silahkan di cek.

Oke! Pilihan saya untuk GPU jatuh pada Power Color Radeon R7 250 2GB GDDR5.
GPU ini mempunyai performa yang bagus dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp. 850.000
Graphic card ini bisa mengangkat beberapa game-game yang cukup berat seperti GTA V dan Hitman : Absolution dalam resolusi 1080p setingan low - normal dengan rata-rata 40 FPS.

5. PSU/Power Suply
Karena dalam build ini menggunakan graphic card maka saya menggunakan PSU 450Watt dengan kualitas yang cukup bagus. Pilihan saya jatuh pada Raidmax RX-450K 80+
Harga : Rp. 375.000

PSU ini lumayan bagus dengan sertifikat 80+, sehingga mampu mengalirkan daya untuk kompunen lainya terutama GPU.

6. Hard Drive/Harddisk
Untuk HDD saya memilih WDC (Western Disk Caviar) Blue SATA 320GB.
Harga : Rp. 225.000

320GB sudah cukup untuk media penyimpanan game kalian dan juga sistem operasi kalian. Tapi saya sarankan kalo kalian ingin main banyak game-game berat upgrade HDD kalian ke 500GB atau lebih.

7. Casing
Untuk casing saya memilih casing di range harga 200ribuan untuk menekan budget. Dan pilihan saya jatuh pada Armaggeddon T1X.
Case yang murah dengan harga Rp. 250.000
Case ini memiliki side window dan support kipas di depan. Airflow dari casing ini cukup bagus dan desainya futuristik sehingga Rig PC kalian tampak keren.

Oke! Sekarang untuk total harganya:
G4400 + 4GB : Rp. 3.525.000
G4400 + 8GB : Rp. 3.980.000

Untuk performanya kalian bisa main game GTA V, Hitman : Absolution, CS:GO, DOTA 2 dalam 1080p dengan setingan yang disesuaikan dan mendapat FPS yang playable bahkan smooth. Untuk CS:GO dan DOTA 2, build ini mampu mencapai rata-rata 50 FPS dengan setingan very high. Tentunya memakai RAM 8GB DDR4 yang mana mampu mendongkrak beberapa FPS dalam game.

Oke! Sekian saja ya Racik PC dari saya.
Saya sama sekali nggak dibayar oleh brand-brand diatas jadi saya cuma ingin share aja sama kalian.
Dan itu keputusan kalian untuk memilih racikan ini atau yang lain.

Kalo kalian sudah pernah nyoba racikan serupa atau punya racikan yang lebih bagus.
Silihkan tulis di kolom komentar buat referensi yang lainya.
Terima kasih...
I'll See You Next Time!

1 comment:

  1. Gan maaf mau nanya, agan udah pernah coba rakit ini?

    ReplyDelete